Laman

08 Februari 2012

Keterampilan Mengajar

Keterampilan Mengajar
Disarikan Oleh: Sri Hendrawati

a.       Keterampilan bertanya
Keterampilan bertanya dalam pembelajaran dimaksudkan agar siswa memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berfikir. Komponen-komponen dalam keterampilan bertanya ini antara lain: Pengungkapan Pertanyaan secara jelas dan singkat , Pemberian acuan ,Pemusatan ,Pemindahan giliran , Penyebaran ,Pemberian waktu berpikir ,Pemberian tuntunan.

b.       Keterampilan memberi penguatan
Penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku terse-but. Komponen-komponen keterampilan memberi penguatan
-        Penguatan Verbal: 1) dengan kata-kata: bagus, benar, tepat, baik sekali, dan sebagainya 2) dengan kalimat, misal: "Pekerjaanmu benar, dan rapi sekali", dan sebagainya.
-        Penguatan Non Verbal, yang terdiri dari penguatan-penguatan: Mimik dan gerak badan, dengan cara mendekati, dengan cara sentuhan, dengan kegiatan yang menyenangkan, berupa simbol atau benda.

c.       Keterampilan mengadakan variasi
Keterampilan mengadakan variasi dalam proses pembelajaran, pada dasarnya merupakan keterampilan yang diperlukan untuk menghindari kebosanan. Variasi dimaksudkan sebagai proses perubahan dalam pembelajaran, yang dikelompokkan menjadi variasi dalam gaya mengajar, variasi dalam penggunaan alat dan media pembelajaran, dan variasi dalam pola interaksi dalam kelas. Komponen komponen dalam keterampilan mengadakan variasi ini antara lain : Variasi dalam gaya mengajar ,Variasi dalam penggunaan media pembelajaran, Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa

d.       Keterampilan menjelaskan
Dalam proses pembelajaran, menjelaskan berarti menyajikan in-formasi yang diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan, misalnya hubungan sebab-akibat, hubungan antara yang diketahui dan yang belum diketahui, antara dalil dan bukti atau contoh, dan sebagainya. Komponen-komponen dalam menyajikan suatu penjelasan antara lain: Kejelasan , Penggunaan contoh dan ilustrasi , Pemberian tekanan , Mengadakan variasi dalam gaya mengajar guru ,Balikan

e.       Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Keterampilan membuka pelajaran merupakan keterampilan untuk menciptakan suasana siap mental, untuk menimbulkan perhatian dan motivasi siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari.
Keterampilan menutup pelajaran adalah keterampilan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa-apa yang telah dipelajari siswa serta mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Komponen-komponen keterampilan membuka pelajaran antara lain: Menarik perhatian siswa ,Menimbulkan Motivasi, Memberi Acuan, Membuat Kaitan
Komponen-komponen Keterampilan menutup pelajaran : Membuat ringkasan atau rangkuman ,Mengevaluasi

f.               Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil mencakup (1) memusatkan perhatian siswa, (2) memperjelas pendapat siswa, (3) menganalisis pandangan siswa, (4) meningkatkan kontribusi siswa, (5) mendistribusikan pandangan siswa, dan (6) menutup diskusi. Dalam penerapannya, guru harus memperhatikan hal-hal berikut: (1) harus ada kesamaan latar belakang pengetahuan di antara para anggota kelompok, (2) semua anggota diskusi kelompok harus mampu mengemukakan pendapatnya secara lisan, (3) topik yang dibahas harus bersifat terbuka untuk menampung banyak pendapat, (4) diskusi harus berlangsung dalam suasana keterbukaan, (5) pelaksanaan diskusi harus mengingat keunggulan dan kelemahan-kelemahannya, (6) diskusi memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang, dan (7) guru harus mampu mencegah timbulnya hal-hal yang dapat menghambat jalannya diskusi.

g.       Keterampilan Mengelola Kelas
Keterampilan mengelola kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, dan keterampilan mengembalikan kondisi yang optimal apabila terdapat gangguan dalam proses pembelajaran.  Komponen-komponen Keterampilan Mengelola Kelas:  Penciptaan dan Pemeliharaan Kondisi Belajar yang Optimal  dan Keterampilan untuk Mengembalikan Kondisi Belajar yang Optimal,

 h. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan
Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan terdiri dari: keterampilan mengadakan pendekatan pribadi, keterampilan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran,   keterampilan membimbing dan memberi kemudahan belajar,  keterampilan merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar