Disarikan Oleh: Sri Hendrawati
a.
Keterampilan
bertanya
Keterampilan bertanya dalam pembelajaran
dimaksudkan agar siswa memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan
berfikir. Komponen-komponen dalam keterampilan bertanya ini antara lain: Pengungkapan
Pertanyaan secara jelas dan singkat , Pemberian acuan ,Pemusatan ,Pemindahan
giliran , Penyebaran ,Pemberian waktu berpikir ,Pemberian tuntunan.
b.
Keterampilan
memberi penguatan
Penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku yang dapat
meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku terse-but.
Komponen-komponen keterampilan memberi penguatan
-
Penguatan Verbal: 1) dengan
kata-kata: bagus, benar, tepat, baik sekali, dan sebagainya 2) dengan kalimat,
misal: "Pekerjaanmu benar, dan rapi sekali", dan sebagainya.
-
Penguatan Non Verbal, yang
terdiri dari penguatan-penguatan: Mimik dan gerak badan, dengan cara mendekati,
dengan cara sentuhan, dengan kegiatan yang menyenangkan, berupa simbol atau
benda.
c.
Keterampilan
mengadakan variasi
Keterampilan mengadakan variasi dalam proses pembelajaran, pada
dasarnya merupakan keterampilan yang diperlukan untuk menghindari kebosanan.
Variasi dimaksudkan sebagai proses perubahan dalam pembelajaran, yang
dikelompokkan menjadi variasi dalam gaya mengajar, variasi dalam penggunaan
alat dan media pembelajaran, dan variasi dalam pola interaksi dalam kelas.
Komponen komponen dalam keterampilan mengadakan variasi ini antara lain :
Variasi dalam gaya mengajar ,Variasi dalam penggunaan media pembelajaran, Variasi
pola interaksi dan kegiatan siswa
d.
Keterampilan
menjelaskan
Dalam proses pembelajaran, menjelaskan berarti
menyajikan in-formasi yang diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan
untuk menunjukkan hubungan, misalnya hubungan sebab-akibat, hubungan antara
yang diketahui dan yang belum diketahui, antara dalil dan bukti atau contoh,
dan sebagainya. Komponen-komponen dalam menyajikan suatu penjelasan antara
lain: Kejelasan , Penggunaan contoh dan ilustrasi , Pemberian tekanan , Mengadakan
variasi dalam gaya mengajar guru ,Balikan
e. Keterampilan
Membuka dan Menutup Pelajaran
Keterampilan membuka pelajaran merupakan keterampilan untuk
menciptakan suasana siap mental, untuk menimbulkan perhatian dan motivasi siswa
agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari.
Keterampilan menutup pelajaran adalah
keterampilan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa-apa yang telah
dipelajari siswa serta mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Komponen-komponen
keterampilan membuka pelajaran antara lain: Menarik perhatian siswa ,Menimbulkan
Motivasi, Memberi Acuan, Membuat Kaitan
Komponen-komponen Keterampilan menutup
pelajaran : Membuat ringkasan atau rangkuman ,Mengevaluasi
f.
Keterampilan
Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Komponen keterampilan membimbing diskusi
kelompok kecil mencakup (1) memusatkan perhatian siswa, (2) memperjelas
pendapat siswa, (3) menganalisis pandangan siswa, (4) meningkatkan kontribusi
siswa, (5) mendistribusikan pandangan siswa, dan (6) menutup diskusi. Dalam
penerapannya, guru harus memperhatikan hal-hal berikut: (1) harus ada kesamaan
latar belakang pengetahuan di antara para anggota kelompok, (2) semua anggota
diskusi kelompok harus mampu mengemukakan pendapatnya secara lisan, (3) topik
yang dibahas harus bersifat terbuka untuk menampung banyak pendapat, (4)
diskusi harus berlangsung dalam suasana keterbukaan, (5) pelaksanaan diskusi
harus mengingat keunggulan dan kelemahan-kelemahannya, (6) diskusi memerlukan
perencanaan dan persiapan yang matang, dan (7) guru harus mampu mencegah
timbulnya hal-hal yang dapat menghambat jalannya diskusi.
g.
Keterampilan
Mengelola Kelas
Keterampilan mengelola kelas merupakan keterampilan guru untuk
menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, dan keterampilan
mengembalikan kondisi yang optimal apabila terdapat gangguan dalam proses
pembelajaran. Komponen-komponen Keterampilan Mengelola
Kelas: Penciptaan dan Pemeliharaan
Kondisi Belajar yang Optimal dan Keterampilan
untuk Mengembalikan Kondisi Belajar yang Optimal,
h.
Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan
Komponen keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan terdiri dari: keterampilan mengadakan
pendekatan pribadi, keterampilan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran, keterampilan membimbing dan memberi
kemudahan belajar, keterampilan
merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar