Laman

06 Februari 2012

Cooperative Learning

Model Pembelajaran Kooperatif

Menurut Kauchak dan Eggen (1993), belajar kooperatif merupakan suatu kumpulan strategi mengajar yang digunakan untuk membantu siswa satu dengan siswa yang lain dalam mempelajari sesuatu. Slavin (2000) dalam pembelajaran kooperatif siswa bekerjasama dalam kelompok kecil, mereka saling membantu untuk mempelajari suatu materi. Hal yang serupa diungkapkan oleh Thompson dan Smith (Ratumanan, 2000), yaitu dalam pembelajaran kooperatif, siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mempelajari materi akademik dan keterampilan antar pribadi. Anggota-anggota kelompok bertanggungjawab atas ketuntasan tugas-tugas kelompok dan untuk mempelajari materi itu sendiri.

Dalam pembelajaran kooperatif kelas disusun atas kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok biasanya terdiri dari 4 siswa dengan kemampuan berbeda-beda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Jika kondisi memungkinkan , dalam pembentukan kelompok hendaknya diperhatikan juga perbedaan suku, budaya, dan jenis kelamin. Siswa tetap berada dalam kelompoknya selama beberapa kali pertemuan. Aktivitas siswa antara lain mengikuti penjelasan guru secara aktif, bekerjasama menyelesaikan tugas-tugas dalam kelompok, memberikan penjelasan kepada teman sekelompoknya, mendorong kelompok untuk berpartisipasi secara aktif, berdiskusi, dan sebagainya. Agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, siswa diberi lembar kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan. Selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan materi yang disajikan guru dan saling membantu teman sekelompoknya untuk mencapai ketuntasan belajar. Dalam pembelajaran kooperatif penghargaan diberikan kepada kelompok.

Pembelajaran kooperatif memanfaatkan kecenderungan siswa untuk berinteraksi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dalam setting kelas, siswa lebih banyak belajar dari satu teman ke teman yang lain diantara sesama siswa daripada belajar dari guru.

Penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang sangat positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. Manfaat pembelajaran kooperatif untuk siswa dengan hasil belajar rendah menurut Lundgren (1994) antara lain: (a) dapat meningkatkan motivasi, (b) meningkatkan hasil belajar, (c) meningkatan retensi atau penyimpanan materi pelajaran yang lebih lama.


Menurut Slavin (2000), aktivitas pembelajaran kooperatif dapat memainkan banyak peran dalam pelajaran. Dalam satu pelajaran tertentu, pembelajaran kooperatif dapat digunakan untuk tiga tujuan berbeda. Sebagai contoh, dalam suatu pelajaran tertentu para siswa bekerja berkelompok untuk berupaya menemukan sesuatu, misalnya saling membantu mengungkapkan prinsip-prinsip suara melalui pengamatan dan aktivitas menggunakan botol berisi air. Setelah pelajaran selesai, siswa dapat bekerja sebagai kelompok-kelompok diskusi. Akhirnya siswa mendapat kesempatan bekerjasama untuk memasukkan bahwa seluruh anggota kelompok telah menguasai segala sesuatu tentang pelajaran tersebut sebagai persiapan untuk kuis, bekerja dalam suatu format belajar kelompok. Di dalam skenario yang lain, kelompok kooperatif dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah kompleks.

Menurut Slavin (2000) beberapa keuntungan dalam pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut.
a. Siswa bekerjasama dalam mencapai tujuan dengan menjunjung tinggi norma-norma kelompok.
b. Siswa aktif membantu dan mendorong semangat untuk sama-sama berhasil.
c. Aktif berperan sebagai tutor sebaya untuk lebih meningkatkan keberhasilan kelompok.
d. Interaksi antar siswa seiring dengan peningkatan kemampuan mereka dalam berpendapat.
e. Interaksi antar siswa juga membantu meningkatkan perkembangan kognitif yang non konservatif menjadi konservatif (Teori Piaget).

Dalam pembelajaran kooperatif diperlukan keterampilan-keterampilan khusus yang disebut dengan keterampilan kooperatif. Keterampilan kooperatif tersebut berfungsi untuk melancarkan peranan hubungan kerja dan tugas. Peranan hubungan kerja dapat dibangun dengan mengembangkan komunikasi antar anggota kelompok, sedangkan peranan tugas dilakukan dengan membagi tugas antar anggota kelompok.
Keterampilan-keterampilan kooperatif yang dimaksud adalah:

a. Keterampilan kooperatif tingkat awal, antara lain sebagai berikut.

(1) Menggunakan kesepakatan, yaitu menyamakan pendapat dalam kelompok
(2) Menghargai kontribusi (pendapat atau pekerjaan) orang lain.
(3) Mengambil giliran dan berbagi tugas
(4) Tetap berada dalam kelompok kerja selama kegiatan berlangsung
(5) Tetap melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya
(6) Mendorong berpartisipasi semua anggota kelompok
(7) Mengundang orang lain untuk bicara
(8) Menyelesaikan tugas tepat waktunya
(9) Menghormati perbedaan individu

b. Keterampilan kooperatif tingkat menengah, antara lain sebagai berikut.

(1) Menunjukkan penghargaan dan simpati
(2) Mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap ide/tugas orang lain atau kelompok
lain dengan cara wajar
(3) Mendengarkan dengan aktif
(4) Bertanya
(5) Membuat ringkasan
(6) Menafsirkan
(7) Mengatur dan mengorganisasi
(8) Menerima tanggungjawab
(9) Mengurangi ketegangan

c. Keterampilan kooperatif tingkat mahir, antara lain sebagai berikut.

(1) Mengelaborasi, yaitu memperluas konsep, membuat kesimpulan dan menghubungkan pendapat-pendapat dengan topik tertentu
(2) Memeriksa dengan cermat setiap ide/konsep yang dibahas
(3) Berkompromi dalam menentukan pokok permasalahan atau hal lain
(4) Menanyakan kebenaran
(5) Menetapkan tujuan dan prioritas-prioritas
(6) Mendorong berpartisipasi setiap anggota kelompok
(7) Mengundang orang lain untuk berbicara

Dalam pembelajaran kooperatif dikenal adanya beberapa tipe antara lain: (a) Tipe Student Team Achievement Division (STAD), (b) Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (c) Tipe Teams Games Tournaments (TGT), dan (d) Tipe Jigsaw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar